Home » » Liga Sepakbola Malaysia Super League

Liga Sepakbola Malaysia Super League

Liga sepakbola Malaysia Super League merupakan liga paling bergengsi dan tertinggi di negara Malaysia. Logonya mampu berubah suatu hari sebab tergandung pada sponsorship.
Liga sepakbola negeri Malaysia yang lebih dikenal dengan sebutan "Malaysia Super League" atau "Astro Malaysia Super League" merupakan liga sepakbola paling tinggi dan bergengsi di negeri melayu tersebut. Di bawahnya yaitu Liga Perdana Malaysia (Malaysia Premier League). Karena perusahaan sponsor untuk isu terkini 2013 ini masih dipegang oleh Astro yang sekaligus juga menerima hak siar maka sering disebut Astro Liga Super Malaysia. Astro itu sendiri yaitu nama salah satu perusahaan telekomunikasi satelit terbesar di Malaysia.


Kompetisi liga sepakbola profesional di negara Malaysia bersama-sama sudah ada semenjak tahun 1979. Bahkan di tahun 1921 kompetisi yang berjulukan Malaya Cup pun sudah pernah digelar sampai ketika ini. Membagi tim-tim yang ada menjadi 4 grup (A, B, C dan D). Namun di tahun 2004 gres dibentuk yang namanya Liga Super Malaysia ini yang diikuti oleh 12 tim termasuk salah satu tim dari negara Singapore yakni (Singapore Lions XII). 

Beberapa tim/klub sepakbola yang sering menjadi juara antara lain:
  • Kedah FA
  • Selangor FA
  • Kelantan FA
  • Pahang FA
  • Perlis FA
  • Negeri Sembilan FA
  • Singapore LionsXII
Sistem seleksi dan degradasi klub-klub yang ada di Liga Super Malaysia ini pada dasarnya juga sama. Dua tim yang menduduki daerah paling bontot di simpulan isu terkini akan ditendang keluar untuk berlaga di kompetisi kelas dua. Sementara dua tim yang berada di puncak simpulan klasemen divisi dua akan didaulat berlaga di divisi satu (Malaysia Super League) ini. Adapun 2 tingkat di bawah Liga Super Malaysia ini adalah:
  • Malaysia Premier League <== Divisi II
  • Malaysia FAM League <== Divisi III
Jadwal pertandingan tim-tim yang berlaga di Liga Super Malaysia biasanya dimulai di bulan Januari setiap tahun. Sedangkan rata-rata pertandingan diadakan di hari Senin, Selasa, Jumat dan Sabtu. Sayangnya untuk wilayah Indonesia kita belum mampu menyaksikan secara eksklusif pertandingan Liga Super Malaysia melalui televisi lokal. Mungkin bagi pelanggan susukan TV kabel mampu menontonnya.

Pasaran handicap dan voor Liga Super Malaysia tidak ada perbedaan signifikan dengan pasaran bola pada umumnya. Biasa klub-klub yang lebih berpengaruh atau sering menjadi juara selalu ngevoor kepada tim yang lebih lemah.


0 comments:

Post a Comment